Indonesia
Senin, 5 Maret 2018

Lokakarya Kemitraan CSR untuk Master Meter di Kota Surabaya

Lokakarya Kemitraan CSR untuk Master Meter di Kota Surabaya

Pada tanggal 21 Februari 2017, USAID IUWASH PLUS PDAM Surya Sembada Kota Surabaya bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Propinsi Jawa Timur, Kota Surabaya, dan USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan lokakarya Kemitraan CSR untuk peningkatan akses air minum perpipaan melalui Program Master Meter bagi kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah perkotaan yang tidak memiliki akses ke air minum perpipaan melalui sambungan langsung. Lokakarya ini adalah kegiatan permulaaan untuk melibatkan swasta dalam pelaksanaan Program Master Meter di 16 lokasi di Kota Surabaya, menargetkan 800 sambungan rumah (SR), atau setara dengan sekitar 4.000 orang penerima manfaat.

Lokakarya Kemitraan CSR

Dalam sambutannya, Louis O’Brien, Chief of Party dari USAID IUWASH PLUS mengapresiasi dan mendukung upaya PDAM Surya Sembada Surabaya dalam meningkatkan akses air minum yang aman. Mujiaman, Direktur PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menekankan target Kota Surabaya untuk mencapai 100% akses air minum perpipaan di 2018. “Program Master Meter merupakan solusi untuk pemenuhan target 100% cakupan air minum perpipaan,” kata Mujiaman, Dengan Master Meter, Tanggung jawab PDAM hanya sampai Master Meter dan  jaringan distribusi ke rumah tangga dikelola oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat).

Peserta lokakarya Kemitraan CSR untuk Master Meter di Kota Surabaya.

Lokakara dihadiri 30 peserta yang berasal dari pemerintah provinsi dan kota, PDAM, dan perwakilan pemerintah. Selama lokakarya,para peserta belajar tentang tantangan akses air minum di Kota Surabaya dalam konteks Akses Universal dan SDG dan juga informasi tentang kesempatan kemitraan untuk tingkatkan akses air minum perpipaan melalui Program Master Meter.

Mitra