English Indonesia
Senin, 19 Februari 2018

Menyusun Strategi Perubahan Perilaku dan Pemasaran WASH

Menyusun Strategi Perubahan Perilaku dan Pemasaran WASH

USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Bappenas dan Kementerian Kesehatan mengadakan lokakarya pengembangan strategi perubahan perilaku dan pemasaran WASH di Jakarta pada 18-19 Januari 2018. Lokakarya ini bertujuan untuk bertukar informasi yang berkaitan dengan kondisi WASH saat ini, terutama di daerah perkotaan, dan untuk menyajikan temuan utama dari Studi Formatif dan strategi perubahan perilaku dan pemasaran dengan semua pihak, terutama para pemangku kepentingan sektor WASH di Indonesia.

Lokakarya tersebut dihadiri oleh 98 peserta dari Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Bappeda provinsi, Dinas Kesehatan Provinsi dan kabupaten/kota, Unit Pelaksana Teknis Daerah  Instalasi Pengolahan Air Limbah (UPTD PAL)Kota Bekasi, organisasi non-pemerintah, donor, dan perusahaan swasta.

Dalam sambutan pembukaannya, Tri Virgiyanti, Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Bappenas menjelaskan alasan mengapa strategi komunikasi perubahan perilaku diperlukan. “Untuk mengubah perilaku masyarakat, kita perlu mengetahui konteks budaya masyarakat dan harus mampu membangun kesadaran masyarakat. Data pendukung seperti yang dihasilkan dari Studi Formatif yang dilakukan oleh USAID IUWASH PLUS akan sangat membantu dalam merumuskan strategi untuk membangun kesadaran masyarakat, “katanya.

Mitsunori Odagiri, WASH Officer UNICEF mempresentasikan survei kualitas air pada lokakarya perubahan perilaku

Selama lokakarya, para peserta berbagi dan mendiskusikan pendekatan untuk perubahan perilaku WASH dalam konteks perkotaan di Indonesia, proses dalam membangun intervensi perubahan perilaku, proses untuk merancang perubahan perilaku, dan hasil studi formatif yang dilaksanakan oleh USAID IUWASH PLUS. Peserta juga belajar tentang hasil survei kualitas air di Yogyakarta dan studi keberlanjutan bebas BABS, advokasi kesehatan melalui serangkaian kegiatan komunikasi untuk mempengaruhi penentu kebijakan, dan IBM Framework.

Imran Agus Nurali Dir Kesling Kemenkes mendampingi peserta lokakarya perubahan perilaku

Para peserta terlibat aktif dalam setiap diskusi dan memperoleh pelajaran berharga dari lokakarya. Hasil lokakarya ini akan digunakan untuk mengembangkan Strategi Perubahan Perilaku dan Pemasaran WASH.

Available in enEnglish (English)

Mitra