English Indonesia
Senin, 12 Februari 2018

Peluncuran dan Diskusi Desain Besar WASH di Jakarta

Peluncuran dan Diskusi Desain Besar WASH di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Desain Besar WASH di Jakarta pada tanggal 23 Januari 2018. Desain besar tersebut menetapkan tujuan komprehensif untuk menyediakan akses terhadap layanan air minum dan pengolahan air limbah pada tahun 2022 untuk semua, terutama bagi masyarakat miskin perkotaan. Desain besar memberikan tujuan, peta jalan, dan strategi yang jelas untuk mencapai tujuan dan menerapkan perencanaan terpadu sekaligus upaya kolaboratif sebagai pilar utama. Dalam sambutan pembukaannya, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, menekankan bahwa air penting karena ketersediaan air minum merupakan salah satu hal kunci untuk memungkinkan pembangunan kota. “Saya berharap desain besar ini bisa memulai kolaborasi yang baik dan menjadi contoh gotong royong, yang hasilnya akan bermanfaat bagi kita,” kata Gubernur Anies.
Dalam sambutannya, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menekankan pentingnya air minum untuk pembangunan kota.

Acara peluncuran dilanjutkan dengan presentasi terkait empat topik Desain Besar yang mencakup WASH, Kota Layak Anak, Pertanian dan Sistem Pengelolaan Sampah Perkotaan. Topik tersebut dipandu oleh nara sumber dari Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan, USAID IUWASH PLUS, Plan International, D’Art of Waste Institute Bandung dan Yayasan Karina.

Oswar Mungkasa, Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan menyatakan bahwa Desain Besar merupakan pendekatan untuk menggalang usaha di masyarakat sebagai wujud dan komitmen untuk mempersiapkan solusi di DKI Jakarta. Lebih jauh lagi, Lina Damayanti dari USAID IUWASH PLUS menekankan bahwa Desain Besar WASH adalah upaya untuk melakukan konsolidasi dengan pendekatan berbasis isu, “Desain ini tidak hanya berfokus pada infrastruktur WASH, tapi juga perubahan perilaku dan kolaborasi.”

Presentasi ditutup dengan sesi diskusi. Dalam diskusi ini, Sumiati, staf dari PUPR menghargai Desain Besar WASH yang dikembangkan oleh USAID IUWASH PLUS. “Desain besar WASH ini sangat relevan dengan kondisi WASH di DKI Jakarta sekarang dan semoga desain ini bisa segera diterapkan dan diterapkan,” kata Sumiati.

Louis O’Brien, Chief of Party USAID IUWASH PLUS, secara simbolis menyerahkan Desain Besar WASH kepada pejabat DKI Jakarta.  Para nara sumber untuk keempat topik Desain Besar. Dari kiri ke kanan: Budi Setiawan, Oswar Mungkasa, Lina Damayanti, Chasan Ascholani, dan Tri Mulyani.

Available in enEnglish (English)

Mitra