English Indonesia
Senin, 5 Februari 2018

Kunjungan USAID Indonesia dan Bank Dunia ke Lokasi Master Meter dan IPAL Komunal di Magelang

Delegasi Bank Dunia dan USAID Indonesia berkunjung ke Kota Magelang pada 12 Januari 2018. Kunjungan bertujuan untuk melihat perkembangan pembangunan program air minum dan sanitasi yang dikelola secara bersama antara Pemerintah Indonesia, USAID IUWASH PLUS dan Program KOTAKU yang didanai Bank Dunia. Delegasi terdiri atas Matthew Burton, Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID dan George Soraya, Lead Municipal Enginer Social, Urban, Rural and Resiliance Global Practice Bank Dunia untuk Indonesia, serta Trigeany Linggoatmodjo COR dari USAID dan Louis O’Brien, Chief of Party dari USAID IUWASH PLUS.

Kunjungan ini diawali dengan Pertemuan dengan P3M Akatirta untuk membahas hibah peralatan pengendalian NRW (Air Tidak Berekening/Non-Revenue Water) dari Bank Dunia yang akan digunakan untuk program NRW USAID IUWASH PLUS  di 5 region dampingan. Setelah itu, delegasi mengunjungi lokasi Master Meter di RT 6 RW 18, Kampung Nambangan di Kelurahan Rejowinangun Utara, dan lokasi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal untuk masyarakat berpenghasilan rendah di RT 5 RW 3, Kampung Kiringan di Kelurahan Tidar Utara.

Program Master Meter yang difasilitasi oleh PDAM dan USAID IUWASH PLUS sangat bermanfaat bagi masyarakat. “Melalui program Master Meter, masyarakat akan mendapat air minum dengan kualitas dan harga terjangkau, mengingat masyarakat menggunakan tarif khusus,” kata Mochamad Haryo Nugroho, Direktur PDAM Kota Magelang. Hingga saat ini, koneksi Master Meter yang dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Melangkah Sukses telah diakses oleh 5 sambungan rumah dari target 20 koneksi rumah.

Di lokasi program IPAL Komunal, George Soraya mengapresiasi pembangunan fasilitas IPAL dan Master Meter di lokasi yang berdekatan. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi masalah penyediaan air minum dan sanitasi di masyarakat sekaligus, dan pembangunan kedua fasilitas di lokasi yang berdekatan dapat mendukung keberlanjutan dan pengoptimalan fungsi fasilitas tersebut. Hardini, Sekretaris Dinas Perkim (Perumahan dan Permukiman), menghargai dukungan dari USAID IUWASH PLUS dalam mempersiapkan dan mengorganisasi masyarakat untuk memiliki komitmen dan memelihara fasilitas IPAL Komunal.

Available in enEnglish (English)

Mitra