English Indonesia
Senin, 29 Januari 2018

Pelatihan untuk Pelatih Promosi Urban WASH

USAID IUWASH PLUS melaksanakan Pelatihan untuk Pelatih (Training of Trainers/ToT) Promosi WASH Perkotaan untuk tim internal di seluruh regional USAID IUWASH PLUS. Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 8-10 Januari 2018 di Makassar ini bertujuan untuk memampukan para tim internal menjadi fasilitator bagi penguatan tim promosi perubahan perilaku di tiap kota/kabupaten serta memberikan masukan bagi perbaikan buku panduan promosi WASH di perkotaan yang sudah ada. Pelatihan diikuti 21 peserta yang terdiri dari staf USAID IUWASH PLUS meliputi spesialis Perubahan Perilaku/Pemasaran (Behavior Change-Marketing/BCM), Sanitasi Perkotaan, serta fasilitator WASH terpilih dari seluruh kantor regional. ToT difasilitasi konsultan ahli dan dibantu oleh spesialis BC/M dari regional Jawa Tengah dan Jawa Timur yang sebelumnya sudah pernah mengikuti pelatihan serupa.

Materi pelatihan menggunakan modul ToT Urban Promotor WASH Perkotaan dan Buku Panduan Promosi WASH Perkotaan Berdasarkan materi itu, pelatihan ini dibagi ke dalam delapan sesi yang disampaikan dengan menggunakan metode pembelajaran orang dewasa (adult learning) dan pendekatan partisipatif yang kontekstual sehingga para calon pelatih dapat memahami setiap materi dengan baik dan mampu mengadopsi materi-materi tersebut berdasarkan konteks lokal di wilayahnya masing-masing. Selain itu, di tiap sesi juga dilakukan proses evaluasi terhadap konten dari buku panduan yang ada sehingga di akhir pelatihan menghasilkan banyak masukan untuk perbaikan buku yang akan menjadi salah satu media promosi WASH di wilayah perkotaan di Indonesia.

Para peserta mengakui bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat. “Dengan adanya pelatihan ini maka strategi promosi WASH di rumah tangga menjadi lebih terarah sehingga nantinya dapat terukur dan berkelanjutan”, kata Deasy Sekar, Spesialis CEM, salah satu peserta pelatihan. Selain itu, dari pelatihan ini juga diperoleh rencana dan strategi promosi yang lebih layak di tiap kota/kabupaten dampingan USAID IUWASH PLUS. “Rencana tindak lanjut yang kami susun dari pelatihan ini akan membantu kami berkoordinasi dengan mitra di daerah untuk meningkatkan kompetensi tim promosi di masyarakat”, kata Lidiastuty Anwar, Fasilitator WASH dari SSEI. Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah para peserta pelatihan akan melakukan pelatihan tim promosi WASH perkotaan di tiap kota/kabupaten. Melalui pelatihan promosi WASH ini maka diharapkan adanya peningkatan demand dan supply rumah tangga terhadap produk/jasa WASH, serta komitmen rumah tangga untuk melaksanakan perilaku higiene yang disarankan.

Available in enEnglish (English)

Mitra