English Indonesia
Senin, 22 Januari 2018

Mempresentasikan Kemajuan USAID IUWASH PLUS Kepada Pemerintah Indonesia

Pada tanggal 9 Januari 2017, USAID IUWASH PLUS mengadakan Pertemuan Tim Teknis dan Eselon 2 di Jakarta. Pertemuan ini diikuti oleh 27 peserta termasuk Pejabat Eselon a dari Bappenas, KemenPUPR, Kemenkes dan akademisi dari ITB.

Menghadapi Tahun Kedua Program USAID IUWASH PLUS, tim USAID IUWASH PLUS perlu menginformasikan kemajuan saat ini dan rencananya untuk Tahun Kedua Proyek. Pertemuan ini bertujuan untuk memastikan koordinasi dan komunikasi antara USAID IUWASH PLUS dan Tim Teknis. Pertemuan ini juga berfungsi sebagai peluncuran pengembangan rencana aksi dan konsolidasi kerangka kebijakan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM).

Pada pembukaan, Tri Virgiyanti Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman di Bappenas menyampaikan penghargaannya kepada USAID IUWASH PLUS dan juga mengharapkan adanya sinergi dengan USAID IUWASH PLUS terutama untuk perbaikan Sektor Penyediaan Air Minum (Nasional National Urban Water Supply)/NUWAS). “Saat ini, kami sedang merencanakan NUWAS dan semoga USAID IUWASH PLUS dapat berkontribusi lebih banyak untuk implementasi NUWAS di tahun 2018,” katanya.


Pelajaran yang dipetik dari kunjungan studi RPAM ke Filipina yang diadakan pada bulan Desember 2017 juga dipresentasikan dan dibahas dalam diskusi pada pertemuan tersebut. Diskusi tersebut menghasilkan rekomendasi penting untuk implementasi RPAM di masa depan. Tirta Sutedjo dari Bappenas menghargai dukungan dalam mengkonsolidasikan kerangka kerja RPAM karena akan membantu Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan RPAM. “Dalam penerapan RPAN, kita perlu menyediakan peta jalan yang akan menjadi panduan langkah selanjutnya dari RPAM itu,” Tirta menjelaskan.

Available in enEnglish (English)

Mitra