English Indonesia
Senin, 15 Januari 2018

Memperkenalkan Kredit Mikro PDAM di Kelurahan Kutowinangun Kidul

Memperkenalkan Kredit Mikro PDAM di Kelurahan Kutowinangun Kidul

PDAM Kota Salatiga dan USAID IUWASH PLUS mengadakan diseminasi kredit mikro PDAM di Kelurahan Kutowinangun Kidul, Kota Salatiga pada tanggal 6 Desember 2017. Diseminasi ini dihadiri oleh 30 peserta, terdiri atas Kepala Hubungan Langganan dan staf PDAM , perwakilan RT, RW, dan warga RW 06 Kelurahan Kutowinangun Kidul.

Diseminasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan penilaian partisipatif dan pertemuan masyarakat (rembug warga) yang diadakan di Kelurahan Kutowinangun Kidul yang membahas beberapa isu terkait WASH, salah satunya adalah kebutuhan untuk memperoleh informasi kredit mikro PDAM untuk pembiayaan sambungan rumah.

Selama diseminasi ini, peserta berkesempatan mempelajari tentang penggunaan kredit mikro untuk mendapatkan sambungan penyediaan air minum yang disediakan oleh PDAM. “Kredit mikro ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah dalam mengakses layanan penyediaan air minum yang disediakan oleh PDAM,” kata Suryadi Aji, Kepala Hubungan Pelanggan PDAM. Dia juga mengatakan bahwa paket instalasi PDAM sebesar Rp1.925.000 (termasuk pipa 6 meter dan meter air), uang muka 25% dan sisanya dapat dibayar melalui cicilan dengan 5 atau 6 pembayaran.

Dari diseminasi kredit mikro ini, 12 sampai 15 peserta berminat untuk mengajukan skema kredit mikro ini. Sebagai tindak lanjut, calon pelanggan tersebut akan menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk diverifikasi oleh PDAM. Setelah dilakukan verifikasi, PDAM akan melakukan survei untuk menghitung rencana anggaran dan dilanjutkan pemasangan pipa dan meter air PDAM.

Available in enEnglish (English)

Mitra