English Indonesia
Senin, 8 Januari 2018

Sosialisasi SPAM dan IPAL di Kelurahan Parombunan

Sosialisasi SPAM dan IPAL di Kelurahan Parombunan

Dinas Pekerjaan Umum Kota Sibolga dan USAID IUWASH PLUS mengadakan sosialisasi mengenai Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) di Kelurahan Parombunan pada tanggal 29 November 2017. Pertemuan ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari anggota masyarakat, perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan,Camat Sibolga Selatan, Lurah Parombunan dan semua perangkat kelurahan.

Masyarakat di Kelurahan Parombunan, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga masih menghadapi tantangan dalam memiliki akses terhadap fasilitas sanitasi. Mereka juga masih mempraktikkan buang air besar. Untuk mengatasi situasi ini, Dinas Pekerjaan Umum Kota Sibolga telah merencanakan untuk membangun IPAL komunal di lingkungan IV di Kelurahan Parombunan. Pertemuan diseminasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan anggota masyarakat pada pengembangan SPAM komunal di tiga lokasi dan IPAL komunal di satu lokasi di kelurahan ini, rencana pembangunan IPAL komunal di Lingkungan IV Kelurahan Parombunan, serta kegiatan USAID IUWASH PLUS di kelurahan ini.

ā€œPertemuan ini sangat membantu kami selaku aparat kelurahan untuk mengenalkan IPAL untuk warga kami,ā€ kata Firman Larosa, Lurah Parombunan.

Dalam pertemuan ini, USAID IUWASH PLUS dan para peserta membahas tentang manfaat kehadiran IPAL di lingkungan, pembentukan kader perubahan perilaku untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang IPAL dan komitmen USAID IUWASH PLUS untuk mendukung WASH di Kelurahan Parombunan.
“Dari pertemuan ini, saya memperoleh banyak informasi mengenai manfaat IPAL,” kata Zulkifli Lubis, kader tingkah laku.

Untuk menindaklanjuti pertemuan ini, dalam kegiatan yang akan datang, USAID IUWASH PLUS akan mendukung kelurahan Parombunan melalui pemberdayaan kader perubahan perilaku dan membekali mereka dengan pengetahuan terkait WASH, kegiatan pengkajian partisipatif dan pemicu, dan pembentukan kelompok swadaya masyarakat yang bertanggung jawab atas pengoperasian dan pemeliharaan IPAL.

Available in enEnglish (English)

Mitra