English Indonesia
Jumat, 22 Desember 2017

Peluncuran Kemitraan CSR untuk Konservasi Air di Kota Ternate

Peluncuran Kemitraan CSR untuk Konservasi Air di Kota Ternate

Air minum adalah isu yang berkembang di Kota Ternate. Kondisi debit air dari mata air Ake Gaale terus mengalami penurunan sejak lama. Sumur air warga mengering dan terasa asin akibat intrusi air laut. Untuk membantu Pemerintah Kota Ternate mengatasi tantangan ini, USAID IUWASH PLUS telah memfasilitasi kolaborasi antara pemerintah kota dengan sektor swasta di Kota Ternate untuk melakukan konservasi air tanah dengan membangun 700 sumur resapan melalui kemitraan CSR.

Peluncuran kemitraan CSR untuk konservasi air tanah berlangsung di SDN 51, Kelurahan Sangaji Utara pada tanggal 29 November 2017 sebagai rangkaian Peringatan HUT Kota Ternate ke-767. Kemitraan CSR itu ditandai dengan dimulainya peletakan batu pertama pembangunan sumur resapan yang didukung oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Bahari Berkesan, BPBD, PDAM Kota Ternate, dan USAID melalui Program IUWASH PLUS.

Peletakan batu pertama itu dilaksanakan secara resmi oleh Pjs Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn, Walikota Ternate, Burhan Abdurahman, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku di Kota Ternate, Dwi Tugas Waluyanto, dan Chief Of Party Program USAID IUWASH PLUS, Louis O’Brien. “Sudah saatnya kita melakukan konservasi air bawah tanah di Ternate. Paling tidak 700 sumur resapan untuk Ternate melalui bantuan CSR akan menyelamatkan sumber air baku PDAM Ternate di kawasan Ake Gaale,” tegas Burhan Abdurahman dalam sambutannya. Turut menghargai upaya pemerintah kota dalam meningkatkan akses ke air minum, Pjs Direktur USAID turut mengutarakan bahwa air minum sangat penting. “Kerja yang kita lakukan bersama akan mencapai target 1 juta orang memiliki akses layanan air minum yang layak,” tegas Ryan Washburn.

Dalam acara itu, sebuah kesepakatan kemitraan antara BPRS Bahari Berkesan dan USAID IUWASH PLUS juga telah ditandatangi. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan peresmian penggunaan fasilitas monitoring kuantitas air. Acara peresmian itu sendiri dilaksanakan di PDAM Kota Ternate.

Available in enEnglish (English)

Mitra