English Indonesia
Jumat, 15 Desember 2017

Studi Segmentasi Pasar untuk Mengetahui Penerima Manfaat Hibah dan Kredit Mikro WASH di Kabupaten Bogor

Studi Segmentasi Pasar untuk Mengetahui Penerima Manfaat Hibah dan Kredit Mikro WASH di Kabupaten Bogor

Studi Segmentasi Pasar (SSP) adalah bagian dari proses USAID IUWASH PLUS yang bertujuan memetakan masyarakat penerima program hibah dan kredit mikro WASH. Kedepannya diharapkan kedua program itu dapat saling melengkapi dalam meningkatkan akses ke air minum dan sanitasi menuju pencapaian Akses Universal dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. SSP dilaksanakan melalui metodologi survei dengan menggunakan kuesioner berbasis aplikasi mWater. Responden survei yang dipilih secara random merupakan penerima hibah dari pemerintah dan juga kredit mikro yang diberikan oleh Lembaga Keuangan Mikro (LKM) seperti koperasi KOMIDA dan BAIK di Kabupaten Bogor. Survei tersebut membahas 42 pertanyaan yang terbagi dalam beberapa aspek terkait pengetahuan responden mengenai LKM, keadaan tempat tinggal responden, dan program jaminan sosial/kesehatan yang dimiliki responden.

SSP itu telah dilaksanakan pada tanggal 11-30 November 2017. Delapan enumerator dilibatkan untuk mengumpulkan data dalam survei ini dan didukung oleh Asisten Monitoring evaluasi dan SIG. Sejalan dengan itu, sebanyak 150 penerima kredit mikro KOMIDA dan BAIK di 45 desa dan 100 penerima hibah di 22 desa di Kabupaten Bogor telah disurvei.

Untuk menindaklanjuti SSP, hasil dari survei itu saat ini sedang dianalisa dan diharapkan selesai Januari 2018. Setelah hasil survei tersedia, hasilnya itu akan didiskusikan di tingkat nasional dengan Bappenas dan di tingkat daerah dengan Bappeda dan SKPD lainnya untuk verifikasi dan memperoleh masukan tambahan. SSP itu juga telah dilaksanakan di lokasi dampingan USAID IUWASH PLUS lainnya, seperti di Medan, Tangerang.

Available in enEnglish (English)

Mitra