English Indonesia
Senin, 11 Desember 2017

Pelatihan Teknis Pemasangan Sambungan Rumah untuk KSM di Kabupaten Magelang

Pelatihan Teknis Pemasangan Sambungan Rumah untuk KSM di Kabupaten Magelang

USAID IUWASH PLUS mengadakan pelatihan teknis pemasangan sambungan rumah untuk kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang menyelenggarakan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Komunal di Kabupaten Magelang pada tanggal 21 November 2017. Pelatihan tersebut diikuti oleh Pengurus KSM SPAM Komunal dari desa Donomulyo, Sidomulyo, Sawangargo, dan Sutopati di Magelang. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengurus KSM keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memasang, mengoperasikan, dan memelihara sambungan rumah ke jaringan pipa SPAM komunal, termasuk pengembangan koneksi rumah tersebut.

Pelatihan dibagi dalam kegiatan kelas dan lapangan. Di kelas, peserta belajar tentang SPAM komunal dan hal teknis sambungan rumah, serta operasi dan pemeliharaan SPAM. Selama kegiatan lapangan, para peserta memperoleh pengalaman langsung berlatih bagaimana memasang koneksi rumah.

Pelatihan iniĀ  telah memberikan manfaat dalam hal pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan SPAM. “Dengan mengikuti pelatihan ini, sekarang saya mendapat informasi lebih baik tentang cara memasang sambungan rumah yang sesuai dengan spesifikasi teknis dan desain yang terstandar,” kata Dhurori, ketua KSM Donomulyo. Ke depan, diharapkan PDAM tetap mendampingi KSM untuk memastikan kualitas konstruksi, operasi dan pemeliharaan SPAM yang dikelola oleh masyarakat.

Available in enEnglish (English)

Mitra