English Indonesia
Jumat, 10 November 2017

Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia

Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia

15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Tahun ini, USAID IUWASH PLUS berkolaborasi dengan beberapa pemerintah daerah dan masyarakat memperingati hari itu sekaligus  menyampaikan pesan untuk perbaikan perilaku higiene.

Di kota Medan, Sumatra Utara,USAID IUWASH PLUS bersama  pemerintah kota yang terdiri  Dinas Kesehatan, Pendidikan, Kebersihan & Pertamanan, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penaataan Ruang, PDAM Tirtanadi, PKK, Program Kotaku memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SD Model Perguruan Al Azhar pada tanggal 14 Oktober 2017. Sekitar 400 siswa dari 14 sekolah dasar juga ikut serta dalam peringatan tersebut. Dalam sambutannya, Dzulmi Eldin, Walikota Medan mengatakan, “Acara ini sangat positif untuk meningkatkan kesadaran sejak dini, terutama terkait dengan perilaku kebersihan yang lebih baik”.

Di Jawa Barat, untuk memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, USAID IUWASH PLUS, kader kesehatan, dan sanitarian dari Puskesmas mengadakan kegiatan promosi CTPS untuk mendorong masyarakat memiliki kebiasaan mencuci tangan dengan sabun. Kegiatan promosi ini diadakan di kota-kota Bogor dan Bekasi sebagai bagian dari pengkajian partisipatif dan aktivitas pemicuan. Mamih, warga Kelurahan Margamulya di Bekasi mengatakan, “Umumnya orang di sini tidak terbiasa mencuci tangan dengan sabun, meski kader sudah menyuruh mereka melakukannya. Setelah mengetahui konsekuensi dan dampak yang ditimbulkan oleh kuman di tangan kita, semoga masyarakat bisa lebih sadar dan ingin mengubah tingkah lakunya”.

Pada tanggal 15 Oktober 2017, USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Puskesmas Janti dan masyarakat dari RW 02 Kelurahan Sukun memperingati hari CTPS di kota Malang, Jawa Timur. Acara yang diadakan di Kelurahan Sukun mengundang 50 siswa Madrasah Ibtida’iyah Maarif dan masyarakat dari lingkungan sekitar. Dalam acara ini, para siswa belajar tentang berbagai fasilitas sanitasi, misalnya fasilitas sanitasi individu dan komunal, serta bentuk dan fungsi tangki septik dan sanitasi yang dikelola dengan aman. Selanjutnya, ibu rumah tangga di bawah PKK juga belajar tentang pentingnya mencuci tangan pakai sabun yang disampaikan oleh Endang Listyowati, Kepala Puskesmas Janti. “Saya berterima kasih kepada USAID IUWASH PLUS yang memfasilitasi kami dalam mengenalkan cuci tangan pakai sabun untuk menjadi kebiasaan di masyarakat,” kata Dwi Cahyo, Ketua RW 02 di Kelurahan Sukun.

Di kota Magelang, Jawa Tengah, USAID IUWASH PLUS juga telah mendukung pemerintah daerah dalam menyelenggarakan acara CTPS yang diperingati bersamaan dengan diluncurkannya GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) oleh Windarti Agustina, Wakil Walikota Kota Magelang. GERMAS adalah program yang dirancang untuk mewujudkan visi pembangunan kesehatan di Indonesia. Acara ini digelar di alun-alun kota pada tanggal 27 Oktober 2017 dan dihadiri oleh pejabat dan warga kota Magelang dari berbagai latar belakang. Acara ini mendapat masukan positif dari para peserta. “Saya sangat menghargai USAID IUWASH PLUS karena mendukung visi pembangunan kesehatan di Indonesia dan khususnya Magelang melalui acara ini,” kata Fatma Murtiningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang.

Di Region Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur (SSEI), perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia digelar di Makassar dan Ternate. Di Makassar, USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan LemINA, sebuah LSM lokal untuk isu anak-anak, mengadakan promosi CTPS kepada sekitar 150 siswa SD Negeri Paccinang. Di Ternate, peringatan tersebut digelar dalam dua kesempatan. Pertama, sebagai bagian dari peringatan Sumpah Pemuda di Kelurahan Salero pada tanggal 22 Oktober 2017, dimana Kelurahan Salero mengadakan kompetisi praktik CTPS untuk perempuan di lingkungan setempat. Sedangkan kegiatan kedua diadakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional di Dinas Kesehatan Ternate; dalam bentuk pembinaan CTPS dan kompetisi pembuatan video promosi CTPS yang dilaksanakan tanggal 20-21 Oktober 2017, dan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang akan jatuh tanggal 4 November 2017.

Available in enEnglish (English)

Mitra