English Indonesia
Senin, 30 Oktober 2017

Pelatihan Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi yang Aman untuk Kelompok Kerja Masyarakat di Kabupaten Sidoarjo

Pelatihan Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi yang Aman  untuk Kelompok Kerja Masyarakat di Kabupaten Sidoarjo

Dari tanggal 4 – 6 Oktober 2017, USAID IUWASH PLUS menyelenggarakan pelatihan Pengelolaan Air Minum dan Sanitasi yang Aman untuk kelompok kerja masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Pelatihan ini dihadiri oleh 31 anggota masyarakat dari Kelurahan Krian, Desa Wunut, dan Kedungpandan dan 3 sanitarian dari Puskesmas Jabon, Kedungsolo, dan Krian. Narasumber untuk pelatihan ini adalah perwakilan dari Bappeda dan Dinas Perumahan dan Permukiman dan Kesehatan.

Dalam pelatihan ini, Supaat Setia Hadi, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menjelaskan tentang perbandingan kualitas air sumur masyarakat (yang diketahui melalui hasil uji laboratorium) dengan kualitas air perpipaan yang disediakan oleh PDAM. Penjelasan ini telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air minum dengan sistem perpipaan dan hal itu akan diakomodasi dan ditindaklanjuti dalam kegiatan kelompok masyarakat.

Selama pelatihan, perwakilan dari tiga desa/kelurahan mempresentasikan hasil pengkajian partisipatif di desa/kelurahan masing-masing dan rencananya untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi. Peserta pelatihan juga memperoleh peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan air minum dan sanitasi yang aman dengan pilihan teknologinya, bagaimana mengenali mitra internal dan eksternal, mendorong kreativitas dalam melakukan promosi di tingkat rumah tangga dan masyarakat, serta pengetahuan tentang Diagram F (termasuk pilihan teknologi untuk pengelolaan air minum di tingkat rumah tangga yang disertai dengan cuci tangan dengan sabun), serta pengarusutamaan gender di semua aspek air minum dan sanitasi.

Para peserta sangat merasakan manfaat yang mereka peroleh dari pelatihan ini dan memberikan apresiasinya. “Dengan mengikuti pelatihan ini, sekarang saya memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang air minum dan sanitasi yang aman. Pengetahuan ini sangat membantu saya dalam mengkomunikasikan hal ini kepada anggota masyarakat lainnya,” kata Ibu Sri, warga Kelurahan Krian yang turut berpartisipasi dalam pelatihan tersebut.

Available in enEnglish (English)

Mitra