English Indonesia
Minggu, 15 Oktober 2017

Pengarusutamaan Gender untuk Meningkatkan Akses Air Minum dan Sanitasi

Pengarusutamaan Gender untuk Meningkatkan Akses Air Minum dan Sanitasi

Untuk mempercepat integrasi Anggaran Responsif Gender (ARG) dengan perencanaan dan penganggaran oleh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan institusi terkait program WASH di Sumatra Utara, USAID IUWASH PLUS memfasilitasi lokakarya Penyusunan ARG dan hubungannya dengan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Lokakarya yang diadakan di┬áParapat pada tanggal 28 – 30 Agustus 2017 dihadiri oleh 32 peserta dari Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana; Kesehatan; Pendidikan; Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang; Perumahan, Permukiman dan Kebersihan; dan PDAM. Narasumber dari lokakarya ini berasal dari Bappeda di Kota Tebing Tinggi, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Provinsi Sumatra Utara, dan Universitas Negeri Medan.

Pada tanggal 28-29 Agustus 2017, lokakarya dibagi menjadi 5 sesi yang mencakup berbagai isu terkait gender. Sesi tersebut mencakup presentasi integrasi isu gender ke dalam kebijakan daerah, strategi pengarusutamaan gender untuk mencapai Keadilan dan Kesetaraan Gender, PPRG, Pengenalan Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS). Sebelum memulai presentasi, peserta terlebih dahulu mengikuti pre-test. Selama sesi simulasi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan institusi mereka dan melakukan diskusi untuk praktik/simulasi untuk menyusun GAP.

Pada 30 Agustus, para peserta mempresentasikan GAP yang telah disiapkan di hari sebelumnya. Sebelum lokakarya selesai, para peserta mengikuti post-test. Pre-test dan post-test dilakukan untuk melihat peningkatan pengetahuan yang didapat oleh para peserta selama lokakarya berlangsung.

“Lokakarya ini sangat menarik. Untuk menindaklanjuti ini, kami berencana melaksanakan lokakarya semacam ini untuk OPD lainnya, yang rencananya akan dilaksanakan pada 24-25 Oktober 2017, “kata Junita Dewi dari Bappeda Tebing Tinggi.

Available in enEnglish (English)

Mitra