English Indonesia
Senin, 18 September 2017

Pelatihan untuk Membangun Keadilan Gender di Sektor Air Minum

Pelatihan untuk Membangun Keadilan Gender di Sektor Air Minum

USAID IUWASH PLUS berkomitmen membangun budaya dalam hal pengelolaan air minum oleh masyarakat yang didasari oleh nilai-nilai keadilan gender di tengah-tengah masyarakat terutama yang masih memerlukan peningkatan pemahaman akan gender. Usaha untuk mewujudkan komitmen itu dilakukan secara bersama dengan pemerintah melalui penguatan program pembangunan akses air minum berbasis masyarakat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Dana Alokasi Khusus (APBN-DAK), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)- dan Program KOTAKU.

Maka itu, USAID IUWASH PLUS bermitra dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Magelang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP)Kota Salatiga dan Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Surakarta menyelenggarakan Pelatihan Operasional dan Pemeliharaan, Kelembagaan, Administrasi Keuangan dan Gender untuk Pengurus Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Komunal. Pelatihan yang diadakan di Kota Magelang tanggal 14-16 Agustus 2017 diikuti 48 pengelola dari 16 KSM BPSPAM komunal di Kota Salatiga, Kabupaten Magelang, dan Kota Surakarta dan juga narasumber dari PDAM Kabupaten Magelang dan PDAM Kota Salatiga. Tujuan pelatihan ini adalah untuk membangun kompetensi masyarakat agar secara mandiri mereka mampu mengelola dan memelihara pengelolaan air minum berdasarkan keadilan gender baik dari aspek teknis, pengelolaan, kelembagaan maupun sosialnya.

Sesi diskusi dalam pelatihan itu mengidentifikasikan bahwa keterwakilan wanita di KSM baru mencapai 12,5% dan menempati posisi sebagai bendahara atau sekretaris KSM. Untuk menindaklanjuti hak itu, USAID IUWASH PLUS akan meningkatkan keterwakilan wanita melalui pendampingan yang memfokuskan pada kasus-kasus yang dihadapi KSM dan mengedepankan nilai-nilai sosial.

Available in enEnglish (English)

Mitra