English Indonesia
Senin, 11 September 2017

Peluncuran Pengembangan OSH untuk 2 PDAM di Bekasi dan Bogor

Peluncuran Pengembangan OSH untuk 2 PDAM di Bekasi dan Bogor

Melalui kegiatan Komponen Keberlanjutan dan Inovasi Lokal (Local Sustainable and Innovation Component/LSIC), USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Makedonia Indonesia Raya sebagai pelaksana lokal terpilih mengembangkan purwarupa Perangkat Keras Sumber Terbuka (Open Source Hardware/OSH) Sensor Air Tekanan Air Minum untuk PDAM Tirta Patriot di Kota Bekasi dan PDAM Tirta Pakuan di Kota Bogor.

Pertemuan peluncuran untuk menandai dimulainya kegiatan pengembangan OSH diselenggarakan masing-masing di setiap kantor PDAM, dihadiri oleh staf PDAM dan perwakilan dari tim USAID IUWASH PLUS, dan Makedonia. Peluncuran pertama diadakan pada tanggal 7 Agustus 2017 dengan PDAM Tirta Patriot, dan yang kedua diadakan dengan PDAM Tirta Pakuan di Kota Bogor pada tanggal 8 Agustus 2017.

Dalam pertemuan tersebut, PDAM Tirta Patriot dan Tirta Pakuan berbagi kabar terbaru tentang pembentukan tim yang bertanggung jawab untuk Pengembangan OSH. Tim ini terdiri dari staf PDAM dari berbagai divisi, termasuk divisi Penelitian & Pengembangan, Jaringan & Distribusi, dan Pengolahan Data. Selain membentuk tim, PDAM telah mengidentifikasi titik lokasi, di mana perangkat keras purwarupa akan dipasang dan berkomitmen menyediakan ruang kerja bagi tim Makedonia untuk bekerja sama dengan PDAM. PDAM juga akan menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk memasang perangkat keras itu.

Kedua PDAM menunjukkan antusiasme mereka dalam memulai kegiatan ini. “PDAM Tirta Pakuan menyambut baik kegiatan Pengembangan OSH ini dan kami berharap purwarupa ini bisa digunakan oleh PDAM dan dapat berkelanjutan,” kata Syaban Maulana, Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan.

Demikian juga di Kota Bekasi, Achmad Sudrajat, Kepala Sub Bagian Litbang Non Teknis PDAM Tirta Patriot, meyakini bahwa kegiatan ini sangat penting bagi PDAM karena sekarang PDAM bisa mengerti bagaimana mengembangkan perangkat keras dan mengetahui bagaimana perangkat keras bekerja. Mendukung pendapat Achmad Sudrajat, Syafrin Tarmidzi, Kepala Sub Bagian Pemeliharaan Jaringan PDAM Tirta Patriot menambahkan, “Kami berharap pengembangan perangkat keras tidak hanya terbatas pada sensor tekanan air, namun juga pengembangan sensor aliran air dan sensor yang dapat mendeteksi bahan kimia”.

Available in enEnglish (English)

Mitra