English Indonesia
Senin, 4 September 2017

Pengkajian Partisipatif dan Pemicuan di Kelurahan Tanjung Gusta

Pengkajian Partisipatif dan Pemicuan di Kelurahan Tanjung Gusta

USAID IUWASH PLUS Sumatra Utara bermitra dengan Dinas Kesehatan Kota Medan memfasilitasi kegiatan Pengkajian Partisipatif dan Pemicuan di Kelurahan 5 Kelurahan Tanjung Gusta, Kota Medan pada tanggal 1-2 Agustus 2017. Kegiatan ini juga didukung oleh nara sumber dari KOTAKU ( Kota Tanpa Kumuh), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Penataan Ruang (PKP2R), dan PDAM Tirtanadi. Lingkungan 5 Tanjung Gusta adalah penerima manfaat PKP2R Medan untuk program sanitasi dan penyediaan air bersih dan Program KOTAKU Medan untuk rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni.

Pada hari pertama, Dinas Kesehatan yang diwakili oleh petugas kesehatan lingkungan dan sanitarian serta tim USAID IUWASH PLUS memfasilitasi masyarakat untuk melakukan penelusuran lingkungan untuk mempelajari kondisi sumber air dan sanitasi. Dari penelusuran ini, diketahui bahwa masyarakat di Lingkungan 5 Tanjung Gusta masih mempraktikkan BABS, menggunakan jamban tanpa tangki septik , dan terdapat sumber air (sumur bor) yang terletak dekat jamban tanpa tangki septik itu.

Pada hari kedua, tim USAID IUWASH PLUS bersama dengan petugas kesehatan lingkungan dan sanitarian memfasilitasi masyarakat untuk berdiskusi tentang lokasi BABS di Lingkungan 5 dan potensinya menyebabkan kontaminasi air limbah. Sebagai hasilnya, aktivitas pemicuan ini membuat masyarakat lebih sadar dan memahami masalah air minum, sanitasi, dan perilaku higiene. Sejalan dengan itu, masyarakat berencana untuk menyusun sebuah rencana kerja dan berkomitmen untuk memperbaiki kondisi air minum dan sanitasi di Lingkungan 5. Masyarakat berkomitmen untuk mulai membersihkan drainase di sekitarnya dan berbagi pengetahuan dengan lingkungan terdekatnya.

Kegiatan pengkajian partisipatif dan pemicuan ini merupakan bagian dari kegiatan program USAID IUWASH PLUS bekerjasama dengan PKP2R Medan untuk program sanitasi dan air minum dan Program KOTAKU Medan. Kegiatan ini telah dilakukan di Kelurahan Kedai Durian, Titi Kuning, dan Suka Maju di Kota Medan.

“Saya berterima kasih kepada USAID IUWASH PLUS, Dinas Kesehatan, Program Kotaku, PKP2R dan PDAM Tirtanadi yang telah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terkait WASH dan perilaku higiene di sini,” ungkap Pak Kasno, warga Kelurahan Sekitar 5 Kelurahan Tanjung Gusta.

 

 

Available in enEnglish (English)

Mitra