English Indonesia
Senin, 21 Agustus 2017

Lokakarya untuk Merumuskan Rencana Kemitraan CSR di Kota Ternate

Lokakarya untuk Merumuskan Rencana Kemitraan CSR di Kota Ternate

Pada tanggal 27 Juli 2017, USAID IUWASH PLUS bermitra dengan Pemerintah Kota Ternate mengadakan lokakarya tentang Kemitraan CSR untuk Air Minum dan Sanitasi Melalui Pendekatan “Rumah Bersama” CSR di Kota Ternate. Pemerintah kota diwakili Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BPMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Lokakarya dihadiri oleh peserta dari beragam latar belakang, baik pemerintah, perusahan (BUMN), perbankan, dan juga swasta. , ”Lokakarya Rumah Bersama CSR adalah langkah awal strategis untuk menyatukan ide dan gagasan agar percepatan akses universal dapat dicapai. Sangatlah penting untuk saling bekerja sama dan berbagi manfaat bagi masyarakat Kota Ternate saat ini dan akan datang.” kata Bapak Abdullah Taher, Wakil Walikota Ternate.


Lokakarya menghasilkan beberapa kesepakatan: CSR perusahaan berkomitmen membantu peningkatan akses air minum dan sanitasi di Kota Ternate, serta memilih program ‘Menabung Air Hujan’ melalui Sumur Resapan sebagai program kemitraan CSR yang dibutuhkan untuk menjawab isu sumber air baku di Kota Ternate. Direkomendasikan juga agar tata kelola kemitraan dapat dikoordinasikan langsung oleh Pemerintah Kota Ternate. Penentuan titik lokasi dan jumlah Sumur Resapan, serta penyusunan materi komunikasi akan difasilitasi oleh USAID IUWASH PLUS..

Program Kemitraan CSR untuk Pembangunan Sumur Resapan ditargetkan dapat diluncurkan pada Akhir Bulan Oktober 2017 bersamaan dengan peluncuran panitia Hari Jadi Kota Ternate. Pokja AMPL dipilih oleh Pemerintah Kota Ternate sebagai lembaga yang akan mengoordinasikan realisasi kemitraan CSR, dan juga sekaligus diharapkan dapat menjadi media untuk menataan ulang kelembagaan Pokja AMPL itu sendiri.


.

Available in enEnglish (English)

Mitra