English Indonesia
Selasa, 15 Agustus 2017

Pelatihan GIS untuk Pembangunan Data Spasial Sistem Penyediaan Air Minum

Pelatihan GIS untuk Pembangunan Data Spasial Sistem Penyediaan Air Minum

Untuk meningkatkan kapasitas PDAM dalam memanfaatkan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG), USAID IUWASH PLUS telah melaksanakan serangkaian pelatihan 4 hari SIG di 5 regional USAID IUWASH PLUS. Pelatihan itu telah dilaksanakan di Medan, Bekasi, Magelang, Malang, Makassar, dan sebagai tambahan di Jayapura dari Februari sampai Juli 2017.

Pelatihan SIG ini adalah bagian dari kolaborasi USAID IUWASH PLUS dan Program Pusat Keunggulan (Center of Excellence/CoE) di bawah Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (DITPSPAM) Kementerian PUPR. Maka dari itu, materi yang digunakan dalam pelatihan berdasarkan pada modul bimbingan teknis SIG yang disusun oleh Program CoE DITPSPAM PUPR.

Peserta pelatihan di setiap regional merupakan kombinasi dari PDAM dampingan USAID IUWASH PLUS dan juga yang diundang langsung oleh DITPSPAM. Totalnya, 29 PDAM dampingan USAID IUWASH PLUS dan 22 PDAM yang diundang DITPSPAM mengikuti pelatihan. Di beberapa regional, pelatihan itu juga diikuti oleh instansi terkait seperti Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Provinsi Sumatera Utara dan Dinas PU Kabupaten Jayapura.

Selama pelatihan, peserta mempelajari konsep teori dasar SIG, yang meliputi beberapa materi, seperti komponen SIG, penggunaan GPS untuk survei lapangan, penggambaran (digitasi), pembuatan peta sederhana, penggunaan perangkat lunak SIG berbasis open-source (QGIS), kendala dan strategi pengembangan SIG di PDAM. Pelatihan ini juga menjadi forum diskusi dan berbagi pengalaman antar PDAM, karena beberapa PDAM telah memiliki tim khusus yang sedang membangun data SPAM berbasis SIG.

Pelatihan SIG menitikberatkan pada program air tidak berekening (Non Revenue Water/NRW) dan pengelolaan asset. Maka dari itu, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas PDAM dalam membangun data spasial untuk aset SPAM PDAM, seperti jaringan pipa transmisi dan distribusi, perlengkapan pipa, bangunan aset, dan lokasi pelanggan. Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, PDAM dapat mulai mengumpulkan data dasar untuk membangun data spasial mereka. Tantangan terbesar adalah saat pembangunan data, dimana PDAM harus membentuk tim yang bertugas membangun data dan menyiapkan rencana kerja dengan sasaran yang jelas.

Menindaklanjuti pelatihan, USAID IUWASHPLUS akan menyediakan pendampingan bagi PDAM yang terpilih menjadi prioritas program NRW, mengingat tingginya tingkat NRW pada PDAM itu. USAID IUWASH PLUS akan menyediakan tenaga fasilitator SIG untuk mendampingi staf PDAM dalam membangun data spasial SPAM. Data itu, khususnya jaringan dan perlengkapan pipa akan digunakan untuk program NRW.

Available in enEnglish (English)

Mitra