English Indonesia
Senin, 7 Agustus 2017

Pelatihan untuk Memicu Perilaku Higiene di Kota Bekasi

Pelatihan untuk Memicu Perilaku Higiene di Kota Bekasi

Dari tanggal 10 – 14 Juli 2017, USAID IUWASH PLUS mendukung Dinas Kesehatan Kota Bekasi dalam menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sanitarian dan Kader dalam Pemicuan dan Promosi Sanitasi Perkotaan di Kota Bekasi. Pelatihan ini merupakan strategi untuk membangun kapasitas petugas kesehatan lingkungan Puskesmas (sanitarian and kader) dalam memfasilitasi kegiatan pengkajian partisipatif, pemicuan perubahan perilaku, serta pemantauan berkelanjutan di masyarakat.

Pelatihan itu dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari sanitarian, petugas kesehatan lingkungan dan kader kesehatan dari 15 Puskesmas di tingkat Kelurahan di Kota Bekasi. Puskesmas tersebut dipilih berdasarkan adanya perilaku Buang Air Besar Sembarangan di lokasi tersebut.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini termasuk pengenalan USAID IUWASH PLUS, sanitasi yang dikelola dengan aman, memahami kondisi sanitasi, teknik fasilitasi, pengkajian partisipatif dan promosi layanan lumpur tinja oleh UPTD PALD Kota Bekasi.

“Saya telah mengikuti banyak pelatihan, namun pelatihan ini berbeda, baik dalam isi maupun cara penyampaiannya. Pelatihan ini memberi saya banyak informasi dan pengetahuan baru, terutama tentang sanitasi itu seperti apa, bahwa tangki septik bisa bersifat komunal dan harus dikuras, “kata Bu Asnah, kader kesehatan di Kelurahan Pondok Gede.

Available in enEnglish (English)

Mitra