English Indonesia
Minggu, 9 April 2017

Konferensi Faecal Sludge Management (FSM4) di Chennai

Foto1 FSM4

Total 36 perwakilan dari Indonesia berpartisipasi dalam Konferensi 4th International Faecal Sludge Management (FSM4) di Chennai, India pada tanggal 19-23 Februari 2017. Tim dari Indonesian terdiri atas perwakilan dari 4 Kementerian (Bappenas, PUPR, LHK, Kesehatan), 11 Pemerintah Daerah (PDAM Kota Medan, Bappeda dan DPU Kabupaten Deli Serdang, PDAM dan UPTD Kota Bogor, UPTD Kota Bekasi, PD PAL DKI Jakarta, PDAM dan Bappeda Kota Surakarta, Bappeda Kota Magelang, Bappeda dan UPTD Kabupaten Gresik, PDAM dan DPU Kota Malang, Bappeda dan UPTD dari Kota Jayapura dan Makassar) dan USAID IUWASH PLUS.

Dalam konferensi ini, tim dari Indonesia menyampaikan 2 presentasi. Presentasi pertama merupakan kolaborasi yang terdiri atas 2 bagian: Aldy Mardikanto dari Bappenas dan Asri Indiyani dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat mempresentasikan Pengenalan Manajemen Limbah Tinja (Faecal Sludge Management/FSM) di Indonesia; bagian kedua tentang Pengenalan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal oleh Foort Butraan dari USAID IUWASH PLUS. Presentasi kedua dibawakan oleh Michael McWhirter, mitra USAID IUWASH PLUS yang berbagi pengalaman saat melakukan tinjauan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Indonesia, tepatnya di beberapa kota yang menjadi wilayah dampingan program IUWASH sebelumnya.

Foto2 FSM4

Selain berpartisipasi dalam rangkaian konferensi, lokakarya, dan kunjungan lapangan, perwakilan dari Indonesia ini juga bertemu dengan tim dari Gates Foundation dan USAID India, yang menunjukkan ketertarikan mereka untuk melakukan kolaborasi di Indonesia. Dari konferensi itu, delegasi dari Indonesia banyak belajar tentang informasi dan pengetahuan terkait FSM Nasional di Indonesia. Seperti yang dikatakan Heri Batanghari dari PDAM Tirtanadi, Sumatra Utara yang berpartisipasi di konferensi, “Kami belajar banyak dari FSM 4. Selanjutnya, kami akan meningkatkan pelayanan dan cakupan kami dalam hal operasional dan teknis. Terima kasih kepada USAID PRESTASI dan IUWASH PLUS yang telah memfasilitasi kami.”

Available in enEnglish (English)

Mitra