English Indonesia

Membangun Kerja Sama dengan Media di Sumatra Utara

Sebagai bagian dari upaya advokasi, USAID IUWASH PLUS melakukan beberapa kegiatan dengan media di Medan, Sumatra Utara. Kegiatan ini terdiri dari kunjungan media pada tanggal 7 April 2017 dan diskusi tematik media pada tanggal 8 April 2017.

Untuk kunjungan media, tim USAID IUWASH PLUS regional Sumatra Utara dan tim Komponen 4 dari Jakarta  mengunjungi kantor Redaksi Bisnis Indonesia dan Tribun Medan. Kunjungan ke masing-masing kantor media membahas peran media dalam advokasi kebijakan di bidang air minum dan sanitasi, serta mengeksplorasi kebutuhan informasi dan bagaimana mengembangkan kerja sama dengan media untuk mendorong peningkatan layanan di sektor WASH.

Diskusi tematik Medan

(Ricky Pasha Barus/USAID IUWASH PLUS Sumatra Utara) Kunjungan ke Kantor Redaksi Bisnis Indonesia untuk membahas peran media dalam advokasi kebijakan di bidang air minum dan sanitasi, serta mengembangkan kerja sama dengan media untuk mendorong peningkatan layanan di sektor WASH.

Kedua media sepakat bahwa masalah air minum dan sanitasi, terutama pengelolaan air limbah merupakan isu penting di Medan, Sumatra Utara. Media sepakat untuk berpartisipasi dalam mendorong perubahan kebijakan melalui upaya advokasi untuk memperbaiki layanan air bersih dan sanitasi di  Sumatra Utara. “Pada dasarnya kami menyambut baik peluang kerja sama ini dan kami melihat sanitasi adalah isu penting,” seperti dikatakan Siti dari Bisnis Indonesia.

Pada tanggal 8 April 2017, diskusi tematik media diadakan di kantor USAID IUWASH PLUS Sumatra Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 wartawan dari 15 media dan Kepala Bagian Humas Pemprov Sumatra Utara. Diskusi ini bertujuan untuk saling bertukar informasi, berbagi pengalaman dan pembelajaran untuk memperbaiki akses terhadap air dan sanitasi, serta masalah kebersihan. Media dan USAID IUWASH PLUS sepakat untuk mendorong kerangka kerja sama untuk mendorong perubahan kebijakan dan mendidik masyarakat tentang masalah air, sanitasi, dan mendorong perilaku higiene di Sumatra Utara. “Isu WASH penting untuk diadvokasi media dan kami dari media terbuka untuk bekerja sama dengan USAID IUWASH PLUS dalam mengadvokasi isu ini,” ujar Fachrudin, Ketua Pokja Media PDAM dan juga Wartawan Sumut Pos. Sebagai langkah awal, media dan USAID IUWASH PLUS akan membuat grup pertukaran informasi, yaitu Jaringan Jurnalis WASH (WASH Plus Journalist Network/JUWASH PLUS).

Diskusi Tematik Medan

(Ricky Pasha Barus/USAID IUWASH PLUS Sumatra Utara) Dalam diskusi tematik media, Manajer Regional USAID IUWASH PLUS Sumatra Utara, Mohammad Yagi mempresentasikan program dan kesempatan advokasi USAID IUWASH PLUS untuk layanan air minum dan sanitasi yang lebih baik di Sumatra Utara.

 

Available in enEnglish (English)

Mitra