English Indonesia

Bersama Media Mendukung STBM

USAID IUWASH PLUS memahami bahwa media memegang peran penting dalam menyampaikan informasi tentang air dan sanitasi secara akurat dan tepat. Media juga berkontribusi dalam mencerdaskan masyarakat agar tercipta perubahan perilaku higiene. Terkait hal itu, USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan melaksanakan kegiatan Kunjungan Media ke Kelurahan Pekojan di Jakarta pada tanggal 15 Maret 2017. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Rakornas STBM) Ke-3 2017. Acara Kunjungan Media itu sendiri bertujuan untuk meningkatan pelibatan media dalam sektor WASH dan menumbuhkan kesadaran media bahwa masalah di sektor sanitasi tidak terpisahkan dengan sektor air.

Sekitar 19 jurnalis dari 17 media mengawali acara itu dengan mengunjungi Kelurahan Pekojan. Pekojan merupakan contoh nyata kelurahan yang sudah melaksanakan 5 pilar STBM dan sudah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Pada kesempatan itu, para jurnalis mendapat penjelasan sanitasi oleh Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes, Dr. Imran Agus Nurali dan pemaparan tentang pelaksanaan STBM di Kelurahan Pekojan oleh Bapak Tri Prasetyo Utomo selaku Lurah Pekojan. Setelah selesai mendengarkan pemaparan di Kelurahan, para jurnalis mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi dan melakukan peliputan berbagai kegiatan di Pekojan yang mencerminkan pelaksanaan STBM. Kegiatan itu meliputi kunjungan ke Bank Sampah, pengenalan pemakaian saringan keramik untuk mendukung Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga, dan melihat secara langsung kegiatan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) yang dilakukan PD PAL Jaya di beberapa rumah di Kelurahan Pekojan.

Media STBM Pekojan

(Shinta Nurwulan/USAID IUWASH PLUS) Jurnalis meliput pelaksanaan L2T2 di salah satu rumah penduduk di Kelurahan Pekojan.

Melalui kunjungan ini, media dapat menyaksikan beberapa aktivitas yang merupakan bagian dari kegiatan STBM secara langsung di lapangan. Selama peliputan di lapangan, para jurnalis juga didampingi para ahli yang berkompeten di sektor sanitasi yang diharapkan dapat  meningkatkan pemahaman para jurnalis terkait sektor WASH. “Acara ini sangat bermanfaat, terutama dalam memfasilitasi media untuk melaporkan banyak hal di bidang WASH yang belum banyak diketahui masyarakat,” seperti dikatakan Aditya Ramadhani, jurnalis dari Antara.

Media STBM Pekojan

(Shinta Nurwulan/USAID IUWASH PLUS) Jurnalis mewancarai Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo tentang pelaksanaan STBM.

Sebagai bagian dari Rakornas Ke-3 STBM dan kelanjutan dari Kunjungan Media di Pekojan, USAID IUWASH PLUS bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan mengadakan diskusi media yang juga berfungsi sebagai konferensi pers jelang Rakornas STBM 2017. Diskusi media/konferensi pers tersebut diselenggarakan di Ruang Mahar Mardjono, Kementerian Kesehatan, pada tanggal 17 Maret 2017.

Diskusi yang dihadiri 30 jurnalis dari 20 media juga diisi dengan pemaparan tentang beberapa topik yang terkait dengan implementasi STBM, sasaran Akses Universal, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yang disampaikan oleh narasumber dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Permukiman Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, dan USAID IUWASH PLUS.

Media STBM Pekojan

(Taufik Sugandi/USAID IUWASH PLUS) Jurnalis mewawancarai Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes Dr. Imran Agus Nurali selaku narasumber diskusi media di Ruang Mahar Mardjono, Kemenkes.

Sebagai kegiatan puncak, untuk meningkatkan keterlibatan media dalam STBM, sebuah sesi diskusi tentang kolaborasi dan pembelajaran dari para pemangku kepentingan untuk melaksanakan STBM diselenggarakan dalam acara Rakornas STBM yang berlangsung tanggal 21-22 Maret 2017. Sesi diskusi tersebut berlangsung tanggal 22 Maret dengan pembicara dari Jaringan Jurnalis Peduli Sanitasi Makassar, Jakarta Post, PT ADARO, Tentara Nasional Indonesia, dan PD PAL Jaya.

Available in enEnglish (English)

Mitra