Home » Berita » 7 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok, Cocok Untuk Pemula! Dijamin Cuan!

7 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok, Cocok Untuk Pemula! Dijamin Cuan!

JAKARTA – Selain Instagram, Facebook & Co, platform video TikTok saat ini menjadi salah satu jaringan sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Beberapa bulan lalu, TikTok melaporkan lebih dari 1 miliar pengguna aktif. Berkat jumlah pengguna yang sangat besar dan jangkauan luas yang dimilikinya, TikTok telah menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan bagi banyak orang. Terlebih, yang dibutuhkan hanyalah kreativitas dan smartphone untuk memulai.

Agar kalian juga dapat memanfaatkan potensi platform video asal Cina ini, kita telah mengumpulkan 7 cara yang menjanjikan kesuksesan mendapatkan uang dari tiktok untuk pemula. Selain itu, kita akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menghasilkan uang dengan TikTok, berapa pendapatan yang bisa didapatkan, dan apa persyaratan teknis untuk menghasilkan uang dengan TikTok.

Apakah kita bisa menghasilkan uang dari TikTok?

Apakah kita bisa menghasilkan uang dari TikTok

Banyak yang bertanya: Apakah kita bisa menghasilkan uang dengan TikTok? Dan jawabannya: Ya! Namun, kamu harus memenuhi beberapa syarat. Misalnya, kamu harus berusia minimal 18 tahun, memiliki lebih dari 10.000 pengikut, dan dalam 30 hari terakhir memiliki setidaknya 100.000 tayangan video. Setelah itu, kamu dapat mendaftar untuk TikTok Creative Fund.

Jadi, untuk menghasilkan pendapatan tinggi dengan TikTok, kamu membutuhkan banyak tayangan dan banyak pengikut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menciptakan kondisi yang ideal untuk menghasilkan uang dengan TikTok. Tentu saja, yang paling penting adalah konten yang menarik, karena klip video kamu harus memberikan nilai tambah dan memikat penonton. Sebaiknya, kamu melihat TikToker terpopuler saat ini dan mempertimbangkan bakat dan minat kamu yang dapat ditampilkan di platform tersebut. Profil kamu harus otentik dan memiliki Unique Selling Proposition (USP) yang baik. Hanya dengan cara ini kita bisa menghasilkan banyak uang dengan TikTok.

Selain itu, kamu harus memperhatikan algoritma untuk dapat menghasilkan uang dengan TikTok. Karena algoritma inilah yang menentukan seberapa banyak pengguna yang akan melihat konten kamu. Persyaratan yang baik untuk ini meliputi:

  • Interaksi pengguna: Semakin banyak pengguna yang menonton konten kamu secara lengkap, menyukai, mengomentari, dan membagikannya, semakin besar peluangnya untuk menghasilkan uang dengan TikTok.
  • Informasi video yang cukup: Video yang dilengkapi dengan teks, hashtag, dan suara akan dianggap lebih relevan di TikTok.
  • Persyaratan teknis: TikTok sangat mengutamakan agar video dapat diputar dengan lancar oleh target audiens. Untuk memastikan hal ini, kamu harus memeriksa semua pengaturan perangkat dan akun, selalu memperbarui smartphone kamu, dan menghindari resolusi video yang terlalu tinggi.

Tips: Seperti disebutkan di Persyaratan 1, penilaian TikTok untuk algoritma juga mencakup apakah pengguna menonton video kamu hingga selesai. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan untuk menciptakan ketegangan dalam konten dan mungkin membuat loop. Misalnya, kamu bisa mengakhiri video dengan pertanyaan yang kamu berikan jawaban di awal. Dengan demikian, akan ada transisi yang mulus antara akhir dan awal video, dan mungkin bahkan diputar sekali lagi oleh pengguna.

Ada Pajak Jika Kamu Mendapatkan Uang Dari TikTok

Jika kamu menghasilkan pendapatan secara teratur melalui TikTok atau mengadakan kerjasama, kamu harus mendaftarkan usaha dan kemudian membayar pajak dalam beberapa kondisi tertentu. Pajak ini mencakup pajak penghasilan, pajak perdagangan, dan pajak pertambahan nilai. Namun, pajak ini hanya berlaku untuk pendapatan TikTok jika melebihi jumlah yang ditentukan.

Baca Juga  4 Cara Melacak Nomor Ponsel Paling Mudah

Kementerian Keuangan Federal merangkum semua pajak dan ketentuan untuk influencer dalam panduan resmi yang juga berlaku untuk kreator secara umum. Secara umum, disarankan untuk menanyakan ke kantor dagang terlebih dahulu sejauh mana peraturan pajak berlaku untuk pendapatan TikTok kamu.

Berapa banyak uang yang bisa dihasilkan dengan TikTok?

Berapa banyak uang yang bisa dihasilkan dengan TikTok

Dengan strategi seperti Influencer Marketing, pendapatan seringkali bergantung pada jumlah pengikut kamu. Akun dengan jangkauan besar dapat menghasilkan antara 10.000 Dolar AS hingga satu juta Dolar AS dengan hanya satu posting.

Mungkin saat ini kamu masih di awal perjalanan dan ingin tahu bagaimana cara terbaik untuk memperkirakan statistik akun kamu untuk menentukan berapa banyak uang yang mungkin bisa kamu hasilkan dengan TikTok. Di sinilah berbagai tools berperan, yang akan memberi tahu kamu hal ini. Salah satunya adalah TikTok Money Calculator gratis dari Influencer Marketing Hub.

Contoh: Misalkan kamu berada dalam fase mikro-influencer, memiliki 11.000 pengikut dan tingkat engagement yang rendah, maka pendapatan rata-rata per postingan berkisar antara 6,60 Dolar AS hingga 11,00 Dolar AS.

Namun, perlu diingat bahwa pendapatan kamu tentu saja terkait dengan strategi monetisasi yang kamu gunakan.

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula Dengan Mudah Tanpa Modal

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Untuk Pemula Dengan Mudah Tanpa Modal

  1. Kumpulkan TikTok coins live streaming
  2. Hasilkan uang dengan Affiliate Marketing
  3. Jual produk sendiri (Merchandising)
  4. Manfaatkan TikTok Creator Fund
  5. Coba Audio Sponsorship
  6. Fokus pada Influencer Marketing
  7. Jual akun kamu

Jika kamu memiliki ribuan pengikut dan lebih dari 10.000 tayangan per video, kamu tentu dapat mulai mencari cara menghasilkan uang dengan TikTok. Tentu saja, kamu tidak akan menjadi jutawan dalam semalam, tetapi dalam kondisi tertentu, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup baik di platform ini. Berikut adalah tujuh tips yang menunjukkan strategi yang berhasil dalam menghasilkan uang dengan TikTok:

Baca Juga  Anti Ribet! Cara Pinjam Uang Di Lazada PayLater dan LazBon

1. Kumpulkan TikTok coins live streaming

Untuk live streaming, kamu tidak memerlukan audiens yang sangat besar untuk menghasilkan uang di TikTok. Dalam strategi ini, pengikut kamu dapat memberikan hadiah kepada kamu dengan menggunakan mata uang internal TikTok – yang disebut “Coins”. Kemudian, kamu dapat menukarkan “Coins” ini dengan uang tunai. Rinciannya mungkin sedikit rumit, tetapi pada akhirnya, penonton dapat memberikan donasi hingga 1juta rupiah per siaran langsung kepada pembuat konten.

2. Hasilkan uang dengan Affiliate

Marketing Cara lain untuk menghasilkan uang dengan TikTok adalah melalui affiliate marketing. Dalam hal ini, kamu akan menerima komisi (sekitar 5-10% dari harga pembelian) dari perusahaan mitra jika pengikut TikTok kamu menggunakan kode diskon atau tautan yang kamu sediakan dalam video kamu, dan mereka membeli sesuatu dari mitra kerjasama kamu.

Dalam pemasaran afiliasi, tidak ada angka pasti mengenai pendapatan yang bisa diperoleh, karena itu tergantung pada seberapa banyak pengikut kamu yang membeli produk atau layanan, serta berapa harganya.

3. Jual produk sendiri (Merchandising)

Kemungkinan ketiga adalah pemasaran visual, yaitu mempromosikan produk sendiri di TikTok. Produk merchandise juga cocok untuk hal ini, tetapi tentu saja, harus ada cukup pembeli yang bersedia membeli produk tersebut.

Jika kamu menjual barang dagangan melalui TikTok, pendapatan kamu akan bergantung pada jenis produk yang dijual. Misalnya, jika kamu menjual kaos dengan logo TikTok kamu seharga 500rb, kamu dapat menghasilkan sekitar 100rb per penjualan.

4. Manfaatkan TikTok Creator Fund

Sumber eksternal tidak mutlak diperlukan untuk menghasilkan uang dengan TikTok. Sebab TikTok sendiri telah menyediakan Creator Fund dan menyetor 200 juta Dolar AS untuk para kreator. Melalui program ini, TikTok membayar para kreator untuk mempublikasikan video mereka.

Tidak ada informasi pasti mengenai persyaratan yang dibutuhkan, namun diperkirakan setidaknya dibutuhkan 10.000 pengikut dan 10.000 tayangan dalam 30 hari terakhir di suatu profil. Kamu dapat mendaftar untuk dana kreativitas ini langsung melalui profil kamu.

5. Coba Audio Sponsorship

Di TikTok, audio memiliki peran besar, termasuk dalam menghasilkan uang. Hampir setiap video TikTok disertai dengan suara atau lagu, dan lagu-lagu tersebut seringkali mencapai puncak tangga lagu karena platform ini. Potensi besar ini juga dimanfaatkan oleh banyak artis yang membayar pengguna TikTok untuk menggunakan lagu mereka.

Baca Juga  Cara Serta Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Tulis Tangan

Untuk menghasilkan uang dengan TikTok melalui audio sponsorship, kamu perlu menghubungi artis atau manajemen mereka secara langsung, karena TikTok sendiri tidak mengatur hal ini.

Tidak ada angka pasti mengenai berapa banyak uang yang bisa diperoleh melalui sponsorship audio di TikTok. Namun, kamu harus tahu bahwa kamu umumnya hanya menarik bagi produser audio jika memiliki jumlah pengikut yang cukup.

6. Fokus pada Influencer Marketing

Karena TikTok adalah platform media sosial seperti Instagram, terdapat banyak kreator yang menghasilkan uang melalui influencer marketing. Berbeda dengan tips #3, di sini kamu akan mempromosikan produk atau layanan mitra kerjasama kamu, bukan produk kamu sendiri. Untuk menjadi menarik bagi perusahaan, kamu harus memiliki jumlah pengikut yang cukup. Jika sudah mencapai jumlah tersebut, kamu dapat menghubungi merek dan menawarkan kerjasama. Penghasilan kamu akan bergantung pada beberapa faktor:

  • Jumlah pengikut kamu
  • Produk atau layanan yang dipromosikan
  • Jumlah video yang kamu buat untuk promosi
  • Lokasi geografis kamu
  • Ukuran perusahaan

Jika kamu sesuai dengan kriteria perusahaan, mereka mungkin akan menghubungi kamu. Untuk memudahkan proses ini, kamu juga bisa mendaftar di agensi influencer.

Dengan sponsorship, kamu bisa menghasilkan antara 2 juta hingga 50 juta per video. Namun, tidak ada dasar perhitungan yang tetap untuk ini.

7. Jual akun kamu

Jika kamu memiliki motivasi jangka panjang untuk mengembangkan dan merawat satu atau beberapa akun TikTok (misalnya, dengan mengunggah video secara teratur), kamu dapat mempertimbangkan untuk menjual akun tersebut nantinya.

Agar berhasil, identitas kamu sendiri tidak boleh berperan penting dalam profil ini. Sebagai gantinya, kamu bisa fokus pada topik niche dan tidak menampilkan diri kamu sendiri dalam video. Ketika akun kamu menjadi populer, kamu dapat menghubungi berbagai merek dan menawarkan akun untuk dijual.

Akun TikTok umumnya dijual dengan harga tetap atau melalui negosiasi. Akun TikTok yang sangat besar mungkin ingin menjual melalui proses lelang, karena harga yang jauh lebih tinggi dapat dicapai.

Kesimpulan

Untuk menghasilkan uang dengan TikTok, sayangnya tidak cukup hanya dengan memposting video sesekali. Pertama, persaingan di platform media sosial ini sangat ketat, dan kedua, jumlah pengikut yang cukup sangat penting. Namun, jika kamu menganggap TikTok sebagai sumber pendapatan tambahan dan menikmati proses membuat dan memposting video, kamu dapat mulai menjadi kreator dan meyakinkan pengguna TikTok. Jika kamu berhasil memikat banyak pengguna dengan konten kamu sehingga memiliki jumlah pengikut yang cukup, kamu dapat mencoba salah satu strategi yang disajikan dalam artikel ini. Kita berharap kamu menikmati proses ini dan semoga segera menghasilkan uang dengan TikTok.

Baca Juga: Cara FYP di TikTok, Agar Mendapatkan uang dari Tiktok!

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Iuwashplus.or.id:

DMCA.com Protection Status